Sabtu, 19 Januari 2013

Sampurasun


Saya urang Sunda, bapak saya pituin Sunda yang lahir di ujung Gunung Tilu Ciwidey Kabupaten Bandung, meski ibu, berasal dari wetan, Jawa, Jogja-Kebumen. Tapi saya, lahir, besar, bekerja dan menikah di Bandung, di tatar sunda. Maka pula, logat nyunda saya tidak pernah bisa dihilangkan.  Tapi saya bangga akan hal itu. Perilaku, adat istiadat kesundaan menjadi bagian identitas saya. Saya urang Sunda, tapi ternyata saya orang Indonesia. Indonesia adalah tetapi, Sunda adalah saya.

Papua. Papua Barat, Manokwari, tepatnya. Itu adalah tempat tinggal saya berbilang bulan terakhir. Pertengahan tahun 2012, tepatnya 1 Juli 2012, ini saya injak ibu kota provinsi ini via Bandara Rendani. Setelah itu interaksi dengan banyak teman baru, karib baru, tempat-tempat baru, semakin mewarnai kehidupan saya. Takjub, penasaran dan perasaan luar biasa lain mengiringi perjumpaan saya dengan para kawan baru itu. Perbedaan budaya, cara bertutur, dan perilaku keseharian tentu saja memperkaya pengetahuan dan jiwa saya tentang mereka. Mereka Papua, tetapi Indonesia juga. Indonesia adalah tetapi, Papua adalah mereka.

Catatan di blog ini adalah guratan perjalanan saya di pulau yang bergunung-gunung, berlembah-lembah yang penuh misteri, yang sungainya mengalirkan emas... yang keindahannya mempesona... seperti larik dalam lagu Tanah Papua yang dilantunkan Trio Ambisi, yang memang benar adanya. Sejatinya saya jatuh sayang kepada tanah ini seperti rasa sayang saya kepada tanah parahyangan, tempat kelahiran, nun ada di seberang sana itu...
 
Suhud

2 komentar:

  1. Wilujeng ber Blog Ria kang Suhud.
    Lanjut buat coretan elektroniknya, semoga hikmah-hikmah kehidupan bisa menjadi bahan kita berjalan di muka bumi untuk semakin maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hatur nuhun mang dikdik, ya, semoga tetap ada semangat untuk meninggalkan jejak dalam kehidupan ini, sebelum menjadi debu bintang di masa depan... :D

      Hapus